Perawatan Pasca Kuret Setelah Aborsi

perawatan pasca kuret di klinik aborsiSetelah tindakan kuret dilakukan, pasien memerlukan perawatan pasca kuret untuk mengurangi resiko infeksi dan pendarahan. Dokter biasanya meresepkan obat dan vitamin untuk memulihkan kondisi rahim seperti sediakala. Yang paling penting adalah antibiotik, obat antibiotik yang diresepkan oleh dokter wajib diminum habis untuk mencegah infeksi dan menetralisir kemungkinan kuman yang ada didalam maupun disekitar mulut rahim.

Berikut ini pantangan-pantangan yang harus dijalani selama seminggu pasca kuret :

  1. Tidak melakukan hubungan seks selama beberapa minggu
  2. Dilarang berenang
  3. Makan pedas, asam, minum soda, es dan alkohol
  4. Tidak dianjurkan terlalu banyak naik turun tangga
  5. Hindari pekerjaan yang berat-berat atau intinya tidak boleh capek

Biasanya flek-flek darah pasca kuretase akan terus keluar 1 sampai 2 minggu. Gunakan pembalut yang tebal dan sebaiknya pembalut selalu diganti 3 kali sehari untuk menjaga kebersihannya.

Klinik akan memberikan nomor telepon/kartu nama jika pasien memerlukan pertolongan dalam kondisi darurat seperti:

  1. Kram parah
  2. Menggigil, atau demam tinggi
  3. Pendarahan yang lebih banyak daripada periode menstruasi normal
  4. Konsultasi mental

Klinik kami juga memberikan jaminan untuk keberhasilan aborsi. Tuntas atau tidaknya tindakan aborsi dapat dideteksi 1 minggu setelah tindakan aborsi maka pasien diwajibkan kontrol (USG) dalam waktu 1 sampai 2 minggu setelah aborsi. Dokter juga tidak keberatan untuk memberikan konseling pasca aborsi bagi pasien yang ingin menceritakan kondisi kesehatan mereka.

Perawatan Pasca Kuret Dengan Asupan Makanan

Perawatan pasca kuret juga dapat dilakukan dengan memperhatikan asupan makanan. Berikut ini adalah makanan pasca kuret yang bisa anda konsumsi untuk pemulihan pasca pengguguran :

1.  Makanan Yang Mengandung Zat Besi

Kehilangan banyak darah setelah pengguguran kandungan dapat membuat anda cepat lemas dan lesu. Disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi untuk mengembalikan performa tubuh anda. Salah satunya dengan mengkonsumsi daging merah dan hati. Untuk anda yang vegetarian, anda dapat mengkonsumsi daun bayam, jagung, kangkung, dan juga buah bit hijau. Untuk penyerapan vitamin ini juga bagus untuk dikonsumsi : buah pepaya, stroberry, jeruk atau buah lain yang banyak mengandung vitamin C .

2.  Makanan Dengan Kandungan Kalsium Tinggi

Beberapa makanan seperti susu, ikan sarden, salmon, kedelai dan sayuran hijau akan membantu anda dalam memberikan kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh. Anda dapat mengkonsumsi susu minimal dua hingga empat gelas susu setelah kuret. Susu dan produk olahan susu akan menambah kadar kalsium, fosfor dan protein di dalam tubuh anda.

3.  Makanan yang Menambah Energi

Untuk mengatasi masalah lemas, Salah satu yang dapat anda konsumsi adalah telur. Telur mengandung lemak yang baik dan protein yang tinggi untuk menambah energi pada tubuh anda.

Baca Juga: Efek Samping Setelah Aborsi