Manajemen Klinik Aborsi yang Baik dan Benar

manajemen klinik aborsi jakarta Di Indonesia, ada beberapa klinik aborsi yang dilakukan oleh dokter. Namun hanya segelintir klinik aborsi yang memiliki manajemen medis yang baik dan benar. Manajemen medis yang baik dan benar disini maksudnya adalah mereka yang peduli dan selalu memprioritaskan kesehatan jangka panjang setiap pasien. Aborsi bisa dilakukan di beberapa tempat yaitu rumah sakit, klinik bersalin, dan klinik aborsi. Rumah sakit merupakan tempat aborsi yang telah pasti bisa menjamin keamanan dan keselamatan pasien. Ketersediaan dokter spesialis, tenaga medis, peralatan medis, serta obat-obatan yang lengkap tidak perlu diragukan lagi. Namun kekurangannya adalah alur proses di rumah sakit cenderung lebih lama dan lebih rumit.

Bagaimana dengan klinik aborsi? Amankah jika melakukan aborsi di tempat tersebut? Aman, asalkan klinik aborsi yang Anda pilih merupakan klinik yang memiliki tim dokter dan tenaga kesehatan (bidan dan perawat) serta manajemen klinik aborsi yang baik dan benar. Berikut ini merupakan beberapa ciri klinik aborsi yang dimaksud :

  • Memiliki izin operasional

Salah satu ciri klinik aborsi yang baik dan benar adalah harus memiliki izin operasional dari pihak terkait ataupun masyarakat setempat untuk menjalankan praktek aborsi. Klinik aborsi akan memiliki papan nama di depan klinik atau setidaknya memiliki papan nama dokter penanggung jawab sehingga semua orang bisa melihat dengan jelas. Tanda – tanda klinik aborsi aman yang memiliki izin adalah eksistensi atau lama operasional klinik tersebut. Jika klinik aborsi tersebut sudah lama beroperasi, maka dapat dipastikan bahwa klinik aborsi tersebut telah memiliki izin dan jaminan operasional secara aman.

  • Memiliki website resmi

Klinik aborsi memiliki website resmi yang bisa diakses dengan mudah dari mana saja dan online 24 jam. Hal ini untuk memudahkan masyarakat mengetahui profil klinik dan saat ingin melakukan konsultasi.

  • Klinik aborsi dimiliki oleh dokter spesialis kandungan

Klinik aborsi didirikan dan dimiliki oleh dokter spesialis kandungan. Hal ini akan menambah rasa kepercayaan pasien karena pemiliki klinik aborsi akan bertanggung jawab secara penuh segala tindakan yang terjadi di klinik aborsi.

  • Terdapat beberapa dokter spesialis kandungan dan bidan

Klinik aborsi didukung oleh beberapa tenaga medis yang terdiri dari dokter spesialis kandungan, bidan, serta perawat. Keberadaan beberapa tenaga medis ini akan mendukung kinerja yang lebih baik dan menambah kepercayaan masyarakat.

  • Adanya fasilitas medis yang memadai

Adanya fasilitas medis yang memadai seperti seperti peralatan yang modern, obat-obatan yang lengkap, USG (minimal 3 dimensi), lemari sterilisasi, ruang perawatan, alat pendingin ruangan (AC), dan juga persediaan tabung oksigen/kantong darah apabila pasien membutuhkannya, dan lain sebagainya. Dengan peralatan dan teknologi yang modern, proses aborsi menjadi tidak menyakitkan. Bahkan lebih cepat selesai hanya dalam waktu paling lama 15 menit (untuk usia kandungan dibawah 3 bulan).

  • Menjamin keamanan pasien

Manajemen klinik aborsi yang baik dan benar dibuktikan melalui tindakan aborsi yang sesuai prosedur yang aman, seperti pemeriksaan kehamilan, Screening Antenatal dengan menggunakan alat USG tiga dimensi, dan tindakan Suction Curretage (penyedotan janin). Selain aman dalam hal tindakan, klinik aborsi juga harus bisa menjamin keamanan privasi pasien.

  • Mengutamakan Kesehatan dan Keselamatan Pasien

Klinik aborsi dan dokter spesialis yang profesional adalah mereka yang mengutamakan kesehatan dan keselamatan pasiennya. Pusat Klinik Aborsi Jakarta dengan tim medis (dokter,perawat,bidan, dan karyawan lainnya) selalu dituntut untuk disiplin dalam hal menangani setiap pasien aborsi. Segala hal yang menyangkut kesehatan jangka panjang setiap pasien selalu menjadi perhatian utama.

Salah Satu Contoh Kasus

Beberapa minggu yang lalu sebelum artikel ini ditulis, seorang pasien (sebut saja namanya Rika) datang kepada kami dalam kategori kondisi yang agak parah. Rika mengaku mengkonsumsi obat aborsi yang dibelinya secara online sehingga mengakibatkan sakit perut serta pendarahan yang tak kunjung henti. Setelah dilakukan test pack ulang ternyata hasilnya masih positif. Tidak berhasil dengan obat, maka ia memutuskan untuk mencari layanan aborsi di klinik. Sehingga bertemulah dengan salah satu dokter spesialis Pusat Klinik Aborsi Jakarta.
Nah, pada kondisi ini apakah klinik aborsi yang baik akan tetap mengambil tindakan sendiri tanpa memperhitungkan keselamatan Rika? Jawabannya tentu TIDAK! Walaupun masih bisa untuk di tangani di klinik, namun tindakan itu sangat beresiko. Itu adalah orang yang hanya ingin mendapatkan keuntungan semata, dan itu sangat membahayakan!
Pada waktu itu, dokter Pusat Klinik Aborsi Jakarta merujuk Rika ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik dengan peralatan medis yang lebih memadai.

Itulah salah satu contoh kongkrit dari manajemen yang mengutamakan keselamatan setiap pasien. Semoga informasi ini bermanfaat.